21 Mei 2016

8

Penyesalan di Tanggal Tua

Dulu, gue pikir jadi anak kos itu enak. Bisa main kemana aja, bebas pulang jam berapa pun, nggak ada yang ngomel ketika bangun kesiangan, bebas makan apa aja yang gue mau, dan hidup jadi maha asik. Nggak kayak tinggal di rumah yang waktu main dibatasi, bangun harus pagi, rebutan remot tv sama orang tua, telat makan diomelin ibu, dan lain sebagainya yang bisa bikin gue mati kebosanan.



Tapi, itu dulu, kawan... Dulu, sebelum negara api menyerang dan membangunkan gue dari mimpi.

Sekarang, gue adalah seorang mahasiswa semester empat dan sekaligus menjadi anak kos, impian yang dulu gue pengenin, dan, gue nyesel pernah punya keinginan menjadi anak kos.

Kenyataannya adalah: jadi anak kos itu nggak seasik yang gue bayangin. Sering kesepian di kamar kos, nggak bisa debat sama ibu tentang siapa yang pantas jadi suami Mbak Hana di Catatan Hari Seorang Isteri season 2, dan yang paling nggak asik adalah hidup sengsara karena duit minim.

Memang sih, di awal bulan ketika uang jatah bulanan baru turun, gue bisa semena-mena nonton di bioskop, makan di KFC, beli berbagai macam barang di online shop, dan shampoan dua kali sehari. Tapi ketika tanggal udah geser ke angka belasan, hidup gue mulai tertekan. Gue mulai mengkonsumsi mie instan siang malam, boro-boro ke bioskop beli kuota aja berat banget. Puncaknya adalah ketika tanggal sudah di angka dua puluhan dan tiga puluhan. Mie instan gue ganti obat mag, shampoan dua kali sehari berganti jadi tiga hari sekali. Rasanya pengen langsung dinikahin pengusaha batu bara aja.

Ketika tanggal tua tiba, gue mulai membuat catatan hidup nelangsa. Gue catat apa aja yang memang harus gue beli dan mana yang jangan sampe gue beli. Salah-salah, kejadiannya kayak waktu itu.

---

Gue adalah pemakai kaca mata. Mata gue rabun jauh. Kemana-mana gue bawa kacamata dan seringnya gue cantolin doang di baju atau gue sakuin. Gue pakai hanya ketika gue membutuhkan kayak misalnya di jalan raya, di bioskop, atau di kelas.

Kemarin seharian gue sibuk banget. Jadi panitia di berbagai kegiatan dan ngerjain tugas di berbagai tempat. Gue bolak-balik ke tempat yang berbeda dengan tergesa-gesa. Ketika semua kegiatan itu udah selesai dan gue sampe kamar kos, gue baru sadar, kacamata gue nggak ada di saku maupun kerah baju.

Awalnya gue santai. Lama-lama panik. GUE LUPA NARO DIMANA.

Gue flashback tempat mana aja yang hari itu gue datengin. Salah satunya adalah kosan temen. Gue langsung chat si temen itu.

Gue: kacamata gue ketinggalan di kosan lu nggak?
Temen: nggak nih. Adanya kaos kaki.

Gue inget-inget lagi...dan akhirnya gue nggak inget. Fix, kacamata gue ilang, di tanggal tua.

*hening*

Gue memutuskan untuk nggak beli kacamata dulu. Selain belum ada duit, gue pikir gue belum butuh karena masih bisa ngeliat tanpa kacamata.

Sehari, dua hari, tiga hari berselang, gue mulai nggak betah nggak pake kacamata. Di kelas gue nggak bisa ngeliat presentasi dari dosen, di jalan gue nggak bisa bedain mana ibu-ibu mau nyebrang mana tong sampah. Hidup gue semakin berat di tanggal tua.

Dengan terpaksa akhirnya gue memutuskan untuk membeli kacamata. Karena budget minim, gue cari kacamata yang semurah mungkin. Gue keliling dari satu optik ke optik lain buat ngebandingin harga. Pilihan gue jatuh di kacamata bulat ini:


Setelah gue beli kacamata bulat itu, pandangan mata jadi jelas tapi hidup semakin berantakan. Gue shampoan tiga hari sekali dengan shampo yang diisi air. Gue beli sabun batang buat menggantikan sabun cair peninggalan tanggal muda. Gue lama-lamain di kampus biar bisa wifian gratis, tanpa harus beli minum kayak di kafe. Gue mulai mengkonsumsi obat mag buat mengganjal laper. Gue tabah ngelakuin itu semua demi kacamata.

Sehari, dua hari, seminggu gue lewatin dengan sengsara. Sampai akhirnya di ujung perjuangan hidup, tanggal 30, gue mati suri.

Tanggal 30 lambung gue udah mulai bocor, rambut jadi sarang kutu, ketek gue mulai jamuran. Gue hanya bisa menghabiskan sisa tanggal kampret ini dengan wifian. Berharap ada yang email undian BH berhadiah,

"Selamat anda memenangkan undian BH berhadiah uang lima juta! Segera tukarkan struk BH anda di toko kami!"

Ketika buka email, gue rada heran, ada email masuk dengan nama pengirim Randy. Gue nggak pernah punya temen namanya Randy. Jangan-jangan itu email penculikan, yang jika gue klik gue akan tersedot ke dalam layar laptop dan menghilang dari peradaban. Atau bisa juga Randy ini adalah distributor BH berhadiah?

Karena penasaran, gue akhirnya ngebuka email tersebut. Ternyata isinya adalah ajakan buat ikut lomba blog Matahari Mall. Waw.

Gue klik link yang ada di email Randy tadi. Ternyata link itu nyambung ke website Matahari Mall dan halaman lomba blog Kisah Tanggal Tuaku.

Selama ini gue pikir Matahari Mall cuma ada di mall aja, ternyata ada onlinenya juga. Iseng, gue buka website matahari itu dan boom! Gila, isinya diskon semua anjiir. Dan yang paling boom adalah banyak diskon hari tertentu, termasuk tanggal tua.

Anjir kenapa kacamata di mataharimall.com harganya miring??!
Anjir kenapa gue baru tau website ini setelah gue beli kacamata??!
Anjir kenapa Randy ini bukan distributor BH berhadiahhh??!

Anjir.

Diskonnya pun nggak cuma barang-barang fashion aja, barang kebutuhan anak kos juga lengkap. Dari mulai shampo sampe sabun sirih semuanya diskon. Nyesel gue kemarin shampoan tiga hari sekali.

Yaudahlah ya, ambil hikmahnya aja. Seenggaknya gue jadi tau ada info lomba berhadiah keren dan ada banyak diskon di mataharimall.com. Gue langsung daftar dan inget pengalaman ini, pengalaman menyesal di tanggal tua.


#JadilahSepertiBudi anak kos yang paham belanja tepat dimana.

8 komentar:

  1. Anjir. Itu aku banget, nggak suka banget kalau ada yang hilang di tanggal tua. Anjir. Kenapa ngenes banget ya kalau kehilangan kacamata pas tanggal tua? Anjiiiiir. Kita sama, Rih. Rabun jauh. Kamu minus berapa?

    Bahahahaha. Undian BH. Aku mau banget kalau ada undian BH. Sekalian ada undian buat jadi model Victoria Secret. Trus aku yang menang. Mhuahahaha. *mimpi banget, Chaaaa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjir, kenapa Icha ikutan ngomong anjir? Hahaha.
      Gak tau nih Cha. Kadang suka nggak jelas.

      Hahaha Chaaaaa!

      Hapus
  2. Haha... Nambah lagi nih cerita derita anak kost hehe... Sumpah absurd banget cerita loe hehe

    BalasHapus
  3. Ahi hi hi itu photonya lucu banget kok segitunya ya miris banget.

    BalasHapus
  4. ahaha samaaaaa ngerasain banget gue rasanya jadi anak kost... persisss. lah gue dulu pernah, ban motor bocor ditanggal tua, jadi ngutang deh haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sadiiis, ban bocor aja sampe ngutang yaa. Hahaha.

      Hapus

Teman