Selasa, April 10, 2018

13

Puas Jalan-Jalan di Semarang Cuma Satu Hari

Banyak yang bilang Semarang nggak punya apa-apa, nggak ada tempat menarik. Tapi itu salah besar. Buktinya, tiap ada temen yang main ke Semarang, pasti selalu puas gue ajak jalan-jalan meskipun suma satu hari.

Iya, mata kalian nggak katarak. Kalian nggak salah baca. Puas jalan-jalan di Semarang meskipun cuma satu hari!

Duduk yang rapi, sini kakak jelasin.

Semarang cocok jadi destinasi wisata orang sibuk yang libur cuma sehari, misalnya hari Minggu. Sehari aja di Semarang, bisa jalan-jalan ke banyak tempat yang menarik dan pastinya puas!

Car Free Day

Kita mulai perjalanan dengan bangun pagi dan jalan-jalan di area car free day. Untuk mengisi tenaga satu hari penuh jalan-jalan, car free day Semarang cocok jadi tempat kuliner berburu sarapan dan merefresh pikiran. Suasananya enak, makanannya lengkap, harganya juga bersahabat untuk semua umat.

foto oleh steemit.com, diedit oleh Farih
Car free day Semarang diadakan setiap hari Minggu pagi jam 6 sampai jam 9 di sepanjang Jalan Pahlawan dan Pandanaran. Di car free day ini, isinya nggak cuma orang joging keringetan lho. Banyak stand makanan yang unik-unik dan biasanya banyak diadakan acara hiburan juga disini untuk menghibur pengunjung car free day. Asik kan?

Sam Po Kong

Selesai sarapan, jalan-jalan kita dilanjutkan ke Klenteng Sam Po Kong. Klenteng yang buka dari jam 8 pagi ini menawarkan suasana Cina yang kental. Gimana enggak? Disain dan arsitekturnya Cina banget. Ditambah warna merah dan huruf-huruf Cina di setiap sudut bangunan, bikin kompleks klenteng ini jadi idaman buat foto ala-ala instagram gitu.

Foto oleh salebonblog.blogspot.com, diedit oleh Farih
Sam Po Kong adalah bangunan tempat beristirahat peninggalan Laksamana Cheng Ho, Laksamana Tiongkok yang pada tahun 1400-an berlayar di Laut Jawa. Sekarang Sam Po Kong difungsikan sebagai tempat ibadah umat konghuchu dan wisata.

Tiket masuk tempat keren ini nggak mahal kok. 8.000 rupiah untuk orang dewasa, anak-anak 5.000 rupiah, dan wisatawan mancanegara 15.000 rupiah. Sam Po Kong juga menyediakan penyewaan kostum khas Cina untuk berfoto. Mantap!

Lawang Sewu

Jalan-jalan di Kota Semarang, nggak lengkap rasanya kalau nggak mengunjungi ikon Kota Semarang. Yep, Lawang Sewu!

Dari Sam Po Kong ke Lawang Sewu deket kok, kurang lebih 15 menit. Lawang Sewu cocok jadi destinasi jalan-jalan di siang hari yang mulai panas karena banyak tempat teduh di dalamnya.

Di Lawang Sewu, kita bisa jalan-jalan menikmati indahnya bangunan peninggalan Belanda yang memiliki banyak pintu sambil sedikit banyak belajar tentang sejarahnya dari tour guide yang ada. Buat yang suka share foto di instagram, Lawang Sewu punya banyak spot menarik yang bikin instagram kamu dilike banyak orang! Cobain deh.

foto oleh Farih Ikmaliyani

foto oleh Farih Ikmaliyani
foto oleh Farih Ikmaliyani

Kota Lama

Main ke Lawang Sewu pasti jadi bikin ketagihan sama bangunan kuno. Arsitekturnya yang unik, bisa membawa kita terlempar ke jaman Belanda dulu. Nah, kalau belum puas dengan Lawang Sewu, lanjut jalan-jalan ke Kota Lama Semarang. Nggak cuma satu dua bangunan kuno aja yang ada di Kota Lama Semarang ini. Tapi ada puluhan bangunan kuno yang masih asli dan tatanannya juga masih kayak kota jaman dulu. Keren deh!

Kota Lama Semarang menyajikan banyak bangunan kuno yang terawat. Enak dipandang dan fotogenik banget. Yang paling penting, jalan-jalan ke Kota Lama Semarang bebas keluar masuk kapan pun, alias gratis.

salah satu spot keren di Kota Lama Semarang. foto oleh Farih Ikmaliyani

Candi Gedong Songo

Naik sedikit, kita lanjut jalan-jalan ke Bandungan, Kabupaten Semarang, tepatnya ke Candi Gedong Songo. Candi dengan background pegunungan ini bakal bikin kita rileks banget. Udaranya yang bersih dan hawanya yang sejuk bikin kita lupa kesibukan seminggu ke belakang. Gelar tikar, makan makanan bareng keluarga atau sahabat, ahh...gue bisa lupa kuliah.

Di Candi Gedong Songo, kita juga bisa berkuda atau pun mandi air panas lho. Pemandian air panas disini sumber mata airnya alami dan mengandung belerang. Makin bikin rileks kan?

Curug Lawe

Masih di daerah kabupaten Semarang, perjalanan kita lanjut ke Curug Lawe. Buat yang suka tatangan, suka alam, atau pun cuma pengen ngerasain segarnya air terjun asli pegunungan, wajib hukumnya ke Curug Lawe!

Curug Lawe nggak cuma bakal manjain kita dengan air segar alaminya aja. Sebelum sampai ke air terjun, kita harus jalan kaki menyusuri hutan sekitar 45 menit. Selama jalan kaki ini, mata kita bakal dimanjain sama pemandangan alam yang hijau dimana-mana.

Banyak spot foto menarik sebelum sampai di air terjun Curug Lawe. Gue paling suka di Jembatan Cinta-nya.

foto di Jembatan Cinta. foto oleh Farih Ikmaliyani

Brown Canyon

Selesai merilekskan diri dengan sejuknya suasana di Candi Gedong Songo, saatnya kita berburu senset. Sebagai pecinta sunset, gue tau tempat-tempat bagus untuk meihat sunset di Semarang dan tentunya ekonomis. Brown Canyon.

Brown Canyon merupakan tempat bekas penambangan tanah di daerah Meteseh, Tembalang, Semarang. Tempat ini jadi terkenal banget karena cantik dan dianggap mirip sama Grand Canyon Amerika Serikat. Saking cantiknya, beberapa artis atau pun pecinta fotografi pernah mampir kesini.

Di Brown Canyon kita bisa berburu foto keren atau sedekar duduk-duduk santai sambil ngopi dan menikmati indahnya sunset dengan latar pemandangan kota Semarang.

foto oleh Farih Ikmaliyani

Pasar Semawis

Setelah seharian jalan-jalan ke tempat menarik yang ada di Semarang, saatnya kita memberi asupan gizi untuk tubuh. Yap, kuliner!

foto oleh Farih Ikmaliyani

Pasar Semawis menjadi tempat yang tepat di Minggu malam untuk mengisi perut yang keroncongan. Pasar Semawis sendiri adalah pasar malam di daerah Pecinan Kota Semarang yang buka setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu dari jam 6 sore sampai jam 10 malam. Semua jenis makanan ada disini. Mulai dari seafood, sate, healthy food, street food mancanegara, ada semua, lengkap! Bener-bener bikin perut puas. Disediakan juga kursi-kursi dan meja di sepanjang Pasar Semawis yang bikin suasananya enak dan rapi. Persis night market di Thailand dengan budget lokal.

Setelah capek seharian jalan-jalan, gue dan temen-temen biasanya langsung istirahat. Iseng, gue tawarin kos gue sebagai tempat istirahat. Jelas mereka nolak karena sempit dan berantakan. Hahaha. Mereka mau istirahat di tempat yang nyaman.

Akhirnya gue tawarin Hotel Airy Rooms. Gue baru ingat kalau kapan aja bisa dengan Airy. Mau malem atau hari libur atau kapan pun dan dimana pun, bisa nginep di Airy Room. Yang paling bikin gue yakin nawarin temen gue nginep di Airy Rooms adalah kamarnya yang nyaman dan harganya nggak bikin kepala pusing. Dimana aja ada, pilih daerahnya sesuai lokasi yang kita pengen.

Untuk Hotel yang dekat Pasar Semawis, gue cari Hotel Airy Room di daerah Semarang Tengah. Kamarnya bersih dan nyaman. Harganya juga nggak bikin kepala pusing.

Airy Gajahmada 122 Semarang

Jalan-jalan satu hari di Semarang lengkap banget kan? Makin lengkap dengan Airy Rooms karena #KapanAjaBisa!

---

Tulisan ini juga dimuat di blog Far Travel

13 komentar:

  1. Tempat peninggalannya menarik juga, bisa jadi target kalo mampir ke sana. Makasih infonya ^^

    BalasHapus
  2. wahhhh cocok nih buat listing jalan jalan di Semarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung cus main ke Semarang ya! :D

      Hapus
  3. Huuuuuu....
    Aku kangen semarang.
    Tahun ini mau ke malang. Mungkin bisa request mampir ke semarang dulu. Aslik, ini bakalan jadi referensi aku kalo nanti bisa mampir ke semarang. Bagus banget foto2nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan terakhir ke Semarang?
      Terimakasih. :)

      Hapus
  4. Eh serius gue baru tahu ada Kota Lama dan Brown Canyon itu kok kayaknya seru yaaa. Sama yang alam-alam. Duh jadi pengen jalan-jalaaaan. \:9/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakk itu Grand Canyon KW berapa deh. Hahaha. Fotoable banget sih.

      Main ke Semarang lah sekali-kali Di. :D

      Hapus
  5. Seharian doang bisa mengunjungi beberapa tempat itu? Gokil banget ini si Farih~

    Sama kayak Adi, baru tahu kalau di sana ada Brown Canyon. Lagian, saya juga belum pernah ke Semarang sekali pun. Lawang Sewu cuma lihat di Instagram atau gambar Google. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan deket-deket jaraknya Yog.

      HAHAHA seriusan belum pernah ke Semarang??! Main-main lah kesini Yog.

      Hapus
  6. Jangan lupa klub PSIS Semarang juga kebanggan warga Semarang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. He-he. Itu bukan tempat wisata sayangnya Mba. :(

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Teman