Rabu, Agustus 09, 2017

19

Alasan Gue Baca Blog Lo

"Kalau nggak pernah baca, nggak bakal bisa nulis."

Kalimat itu selalu terngiang di kepala gue ketika gue lama nggak baca buku atau at least artikel di internet. Gue suka ngeblog tapi kadang nggak suka baca. Dan itu jadi masalah. Kalau gue nggak baca, gue nggak bisa nulis.

Baca artikel blog lebih gue pilih daripada baca buku ketika bener-bener males baca atau nggak ada waktu luang banyak buat baca. Disamping lebih fleksibel bisa baca dimana-mana asal bawa hp doang, baca blog orang kadang lebih menarik karena tulisannya lebih pendek dan punya cara penulisan yang beda-beda di setiap blog milik orang.


Nah, tapi nggak semua blog gue kunjungin dan gue baca. Gue punya lima alasan yang biasanya bikin gue baca blog tersebut.

Pertama, gue bakal baca blog seseorang setelah dia komen di blog gue.
Nggak munafik, gue biasanya buka blog orang setelah namanya muncul di kolom komentar blog gue. Itu cara mudah buat blog-walking dan sebagai tanda terimakasih kalau dia sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi dan membaca blog gue, so gue kunjungi balik blognya. Lagian, kalau sesama blogger harus saling mendukung kan?

Kedua, gue baca blog orang karena tulisannya bagus. Cara dia menyampaikan cerita bagus.
Ini biasanya gue lakuin ketika punya waktu luang yang relatif lebih banyak. Sudah ada beberapa blog orang yang gue favoritkan. Jadi kalau gue online, gue langsung ke blog tersebut dengan menuliskan alamat blognya di google chrome. hehe.

Ketiga, gue baca blog orang karena tulisannya pendek.
Jujur aja sih. Ketika gue mengunjungi blog seseorang, kemudian gue scroll ke bawah tulisannya nauzubillah panjang bener kayak insta-story-nya Awkarin, gue langsung 'close' page blog tersebut. Gue punya pemikiran negatif kalau tulisan-tulisan blog yang panjang, biasanya kebanyakan basa-basi dan bahasanya nggak efektif. Biasanya gue bosen baca tulisan yang kepanjangan.

Waktu buat baca satu tulisan panjang itu sama aja dengan gue baca tiga tulisan pendek dengan berbeda cerita. Jadi gue lebih memilih tulisan yang pendek buat dibaca. Tapi nggak semua tulisan yang panjang itu ngebosenin. 30% tulisan blog yang panjang isinya masih bagus dan nggak ngebosenin, kok.

Keempat, gue baca blog orang karena template-nya 'easy reading'.
Beberapa blogger menggunakan asas "bodo amat yang penting gue suka" saat menentukan template untuk blognya. Hal ini nggak masalah kalau template yang dia pilih aman buat kesehatan mata kita. Tapi kadang, blogger memilih template yang dia nggak tau kalau template tersebut dapat menyebabkan kerusakan mata permanen si pembaca blognya.

Kelima, gue baca blog orang karena gue mengerti topik yang dibahas.
Gue nggak mungkin baca blog yang ngebahas soal bagaimana alat reproduksi babi hutan di dataran tinggi.

Itu sih lima alasan gue biasanya baca atau mengunjungi suatu blog. Lima alasan itu juga sebisa mungkin gue terapin ke dalam blog gue sendiri, biar blog gue dibaca sama orang. Ya meskipun belum sempurna gue terapin.

Kalau kalian, gimana? Apa alasan kalian membaca atau mengunjungi suatu blog? Share ya alasan singkatnya di kolom komentar. :)

19 komentar:

  1. Wkakakaka. Ini tulisannya menurutku bisa punya judul lain yaitu "Perempuan Ini Punya 5 Alasan Dalam Memilih Blog yang Akan Ia Baca. Alasan Kempat Bikin Netizen Ngakak."

    Jadi keinget sama template sendiri yang sekarang telanjang karena gantiin templateku yang dulunya semarak. Dan ya aku juga gak suka tulisan kepanjangan sih. Padahal tulisanku sendiri panjang mulu. Tapi ya sama kayak kamu, kalau gak ngebosenin dan aku ngerti sama bahasan tulisannya, aku bakal suka. Jadi alasan di atas itu saling berkaitan gitu yak, Rih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kek judul berita di line today ya jadinya.

      Template mu bagus Cha. Easy reading bangett.
      Iya hahaha.

      Hapus
  2. Huanjriiit, keselek gw baca "babi hutan di dataran tinggi" wakakaak, asemnya gw jadi mo tau lebih banyak reproduksi babi hutan.. #Googling

    BalasHapus
  3. Poin2nya kurang lebih ama yg jadi patokan saya sih. Kecuali yg panjang2. Karna walo panjang, saya bacanya juga bertahap atau ngeluangin waktu khusus. Misal tau posnya di siang hari, karna panjang di save page dulu dan dibaca malemnya atau bahkan lusanya.

    Kalo blogwalking, saya liat dasbor blogger. Ada update baru ya datangi. Tapi kadang juga mampir di blog temen yg ada list blogwalkingnya. xD

    Untuk template, ini yg dua minggu kemaren baru saya alami. Karna update software browser, tulisan di blog saya jadi tipis. Bikin sakit mata. Beberapa hari otak atik tapi tetep gagal. Untunglah dibantuin temen blog buat ngatasinnya. Skrg udah gabikin mata sakit lagi.

    BalasHapus
  4. Poin2nya kurang lebih ama yg jadi patokan saya sih. Kecuali yg panjang2. Karna walo panjang, saya bacanya juga bertahap atau ngeluangin waktu khusus. Misal tau posnya di siang hari, karna panjang di save page dulu dan dibaca malemnya atau bahkan lusanya.

    Kalo blogwalking, saya liat dasbor blogger. Ada update baru ya datangi. Tapi kadang juga mampir di blog temen yg ada list blogwalkingnya. xD

    Untuk template, ini yg dua minggu kemaren baru saya alami. Karna update software browser, tulisan di blog saya jadi tipis. Bikin sakit mata. Beberapa hari otak atik tapi tetep gagal. Untunglah dibantuin temen blog buat ngatasinnya. Skrg udah gabikin mata sakit lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah boleh juga tuh caranya.

      Kok bisa sih update software doang jadi ngefek ke blog juga?

      Hapus
  5. Aku rasa point-pointnya masuk semua di aku. Dan ini aku berkunjung perdana, dan tahu blog ini dari blognya Yoga..he

    Gpp lah, toh bisa nambah teman. Btw, salam kenal ya..

    Aku kadang suka penasaran sama yang komen di blog teman, pengen tahu aja, kunjungi baca, dan tinggalin jejak deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan main Yoga memang pembacanya udah banyak.

      Hahaha, sama sih.
      Salam kenal juga ya. :)

      Hapus
    2. Jangan berlebihan. Emang ini Yoga siapa? :|

      Hapus
    3. Yoga siapa lagi kalo bukan Akbar Solihin?

      Hapus
  6. Alasan yang mewakili banyak orang ini sih. Hehehe. Kalau blogwalking biasanya dari orang yang komen duluan, share link di Twitter, atau dari dasbor. Bisa juga dari orang yang komen di blog orang lain, nanti buka akun G+nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sih. Rata-rata gitu. Tapi kalau di twitter, sering gak liat sekarang.

      Hapus
  7. Apakah gue termasuk dari "30% tulisan blog yang panjang isinya masih bagus dan nggak ngebosenin, kok."? :p

    Gue nulis panjang gitu sebab males kalau dibikin part. Beda cerita kalau yang gue tulis itu cerbung. Ehe.

    Rata-rata samalah alasannya. Punya daftar yang mau di-BW. Ada yang komentar, gue kunjungin balik. Ya, meskipun kadang males dan nggak kunjungin balik. Sebenernya ngunjungin, sih. Asal lagi luang. Nggak mau maksain diri. Wahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Yog. Tulisan lu rata-rata panjang ya, tapi gak ngebosenin. Nggak banyak basa-basinya. Panjang tapi emang itu perlu ditulis.

      Hapus
  8. Setuju sama semua poin di atas. Gue blogwalking paling kalo ada yg komen atau pas baru publish postingan dengan nyari link blog orang lain di twitter. Atau misalnya di kolom komentar blognya rame, gue pilih yg kira2 pembahasannya menarik. Itung2 nambah pembaca baru :D

    BalasHapus
  9. Mencoba berkomentar agar blig saya dibaca oleh mbak Farih. Ulasan alasannya bagus mbak, lanjutkan....

    BalasHapus

Teman

Jumlah Pembaca