Sabtu, Oktober 03, 2015

25

[Review Film] The Martian - Ridley Scott



Nonton film di bioskop adalah salah satu hiburan paling manjur untuk kepenatan mahasiswa. Saking manjurnya, banyak mahasiswa berkantong kering nekad merogoh kantongnya dalam-dalam untuk sekedar menghilangkan penat di bioskop. Gue adalah salah satu mahasiswa nekad tersebut.

Semalem gue ke bioskop. Niatnya mau nonton film 3 Dara, garapan sutradara Usmar Ismail. Tapi sampai sana realita berubah. Setelah nonton trailer di layar belakang mbak-mbak kasir XXI dan tertarik sama covernya, gue langsung melenceng beli tiket film The Martian.

www.screenrelish.com
The Martian adalah film fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Ridley Scott. Film The Martian ini diadaptasi dari novel laris yang berjudul sama, The Martian, karangan Andy Weir. Beberapa nama besar seperti Matt Damon, Jessica Chastain, Kate Mara, Kristen Wiig, Sebastian Stan, Sean Bean, berperan di dalam film ini.

The Martian menceritakan tentang kisah bertahan hidup di planet Mars. Astronaut Mark Watney (Matt Damon) bersama 5 rekan satu timnya melakukan misi di planet Mars, namun mereka mengalami musibah badai. Pada musibah tersebut, Mark Watney dihantam batu besar dan dianggap tewas. Mereka pun meninggalkan jasad Mark Watney dan meneruskan misi selanjutnya meninggalkan planet Mars.
voyagershift.com
Mark Watney yang dianggap telah tewas ternyata masih hidup. Dia mengalami luka-luka di tubuhnya. Setelah menyadari bahwa rekan kerjanya telah meninggalkannya sendirian di Mars, Mark memeras otak dan mencari cara agar dia tetap bisa hidup disana. Mark yang merupakan ahli botani merekayasa sebuah kebun kentang di Mars dengan menggunakan kotoran manusia sebagai pupuknya. Bagian ini emang menjijikan dan sialnya bioskop nggak menyediakan kantong plastik. Mark pun akhirnya berhasil bertahan hidup berbulan-bulan di Mars sebatang kara dengan terus mengkonsumsi kentang hasil kebun mininya.

NASA sebagai organisasi yang mengirim Mark ke Mars tidak tinggal diam dengan kejadian ini. NASA didesak mencari cara tercepat untuk menjemput Mark, apalagi setelah meledaknya kebun mini buatan Mark di Mars sana. Nggak gampang meluncurkan pesawat jemputan ke Mars, apalagi banyak konflik internal di NASA.

Film ini cocok ditonton untuk semua kalangan, meskipun bukan penggemar film fiksi ilmiah. Ridley Scott berhasil memberi sentuhan kemanusiaan dan humor di film ini, jadi kita bakal ketawa-ketiwi pas nonton. Ada juga bagian ngilunya. Bagian Mark ngobatin lukanya ini bener-bener keliatan real. No sensor banget bolongan lukanya. Dizoom malah! Ngilu deh. Tapi jadi asik.

by Farih Ikmaliyani
Meskipun terkesan agak sedikit datar tanpa klimaks yang mengesankan, film ini mampu membawa penontonnya masuk ke dalam alur cerita dan ikut berpikir bagaimana Mark dapat diselamatkan. Selama 140 menit, penonton akan dibuat berperasaan nano-nano. Deg-degan, ketawa, ngilu, dan mikir. Apalagi buat anak IPA.

Secara keseluruhan menurut gue film ini bagus, standar film-film sience-fiction tema luar angkasa lainnya. Kesan datar di film ini malah bikin film ini realistis. Nggak banyak khayalnya. Masuk akal.

Terus gimana akhirnya? Mark bisa diselametin nggak? Emang Mark betah makan kentang doang? Kenapa Mark nggak beli saus kacang biar jadi siomay?

Nonton aja filmnya! Baru rilis kok, masih fresh from the oven. hehehe.

25 komentar:

  1. Udah lama juga gue kagak ke bioskop. Hampir 6 bulanan jadi nggak tahu ada film-film bagus. XD

    Itu kotoran manusianya beneran dikasih liat? Terus lukanya juga di-zoom? Yak, langsung males makan (seandainya beli popcorn).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main lah ke bioskop. Ada beberapa film yang nggak enak ditonton kalo gak di bioskop lho. :D

      Iya diliatin. wkwkwk. Bawa kresek deh.

      Hapus
  2. weh gue tadi baru mau nonton tapi di cancel karna baru nyadar hari ini weekend, nunggu senin ajalah mumpung masih fresh from the oven whehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya weekend mahal yak? hahaha. Sama gue juga. Anak kos, ke bioskop pas weekday aja.

      Hapus
  3. Kayaknya aku bakal bernasib sama kayak kamu deh ntar. Aku ada rencana sih sore ini mau nonton 3 Dara karena salah satu tokoh di film itu namanya Jay. Huahaha. Tapi kayaknya bakal nonton ini aja setelah baca review kamu :D

    Ada Kristen Wiig lagi, huaaaaaaaaaaaaa!!!!!!! Sebenarnya aku gak terlalu suka sih sama film yang bergenre fiksi ilmiah, Soalnya bikin mumet. Tapi kayaknya yang ini enggak deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, nggak cinta film Indonesia banget ya kita labil. :D

      Iya Kristen Wiig jadi astronout. Nonton yuk nonton. Realistis kok filmnya nggak bikin mumet. hehe.

      Hapus
  4. sepertinya seru nih filmnya, harus coba nnton juga nih

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran pengen nonton. Asyik banget. Mirip kayak interstellar gitu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mirip gitu. Tapi kalo serunya masih seruan Interstellar deh.

      Hapus
  6. Aku mahasiswi juga, tapi jarang nonton ke bioskop. Maunya yang gratisan. #AkuCintaGratisan #CintaKamuJuga #ILoveYou #Loh :'D

    Whoa. Pupuk untuk tanaman kentangnya pake kotoran manusia? Bisa dibayangkan. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertamakalinya main ke sini, nih. Halooo, salam kenal, yaaa. ^^

      Hapus
    2. #HidupMahasiswa #HidupGratisan #ILoveYangNgasihGratisan :D

      Iya pake eek gitu dari tempat penampungannya langsung. hahaha.

      Salam kenal juga yaa. Semoga betah main ke blog ini. Gue udah sering loh main ke blogmu. :D

      Hapus
  7. Nunggu versi bajakan'a aja deh tinggal download pake wifi gratis :D
    #Hiduphemat#HidupGratis#Ngiritpengeluaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha gratisan banget dah. :D #NgiritPangkalKaya

      Hapus
  8. itu pupuk pake kotoran manusia, bibit kentangnya pake apa bro?

    BalasHapus
  9. Asli pengen banget nontonnya
    kudu nyempetin nonton minggu depan :)

    BalasHapus
  10. pengen nonton ini film tapi gak sempet-sempet ih, salam kenal mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton aja, mumpung masih ada di bioskop. hehe. Salam kenal juga yaa.

      Hapus
  11. suka banget sama film ini, udah nonton! the best film tentang mars yang pernah dibuat :D lucu, keren, dan so scientific! hehe!

    BalasHapus

Teman

Jumlah Pembaca