Minggu, Oktober 18, 2015

23

Pertanyaan Untuk Blogger


Hallo? Selamat hari Minggu.
Hallo? Selamat liburan.
Hallo? Selamat bobok siang.
Hallo? Jomblo?

Beberapa hari ke belakang gue rutin online. Tiap gue online, yang dilakuin cuma blogwalking dan googling. Gue nggak berniat buat nulis postingan baru karena gue pikir belum weekend, ngapain nulis. Gue kan updatenya tiap weekend doang. Yaudah, gue lanjut jalan-jalan ke blog favorit tanpa ada beban buat nulis.

Gue terus BW santai. Anehnya, satu minggu kemaren itu gue ngerasa setiap baca blog atau sekedar googling, gue nemu ide buat jadi bahan tulisan di blog ini. Banyak tulisan yang menginspirasi gue buat nulis postingan baru, salah duanya adalah tulisannya Yoga dan Icha. Tapi gue biarin ide itu cuma nyangkut di kepala tanpa menuangkannya dalam bentuk tulisan, karena gue baru akan menulisnya di akhir pekan.

---

Hari ini hari Minggu, weekend, berarti jadwalnya gue buat mengklik "entri baru" di blogger.com dan mulai menulis. Gue coba dan mengawalinya dengan nawaitu.

Tik tok tik tok tik tok.

Setengah jam gue di depan layar, nggak ada ide buat nulis. Bleng. Nggak tau mau nulis apaan. Ditambah lagi Kresnoadi bikin Minggu siang ini galau. Hiks.

Ah kampret! Gue nggak tau mau nulis apaan! Ide-ide yang kemaren nggak sengaja nyangkut di kepala ilang semua, terbang lagi entah kemana. Bego sih. Nggak gue tulis dulu di catetan atau tembok kamar. Sok pinter jadinya gini.

Akhirnya gue BW lagi. Nyasar nyasar nyasar terus ke blog-blog antah-berantah. Rata-rata blog yang gue kunjungin temanya sama, personal blog.

Setelah baca-baca blog secara random, ada beberapa pertanyaan yang menggelitik kepala gue tentang blogger dan dunia per-blog-an.

Pertanyaan-pertanyaan random itu adalah :

Kalian emang udah saling kenal sebelumnya di dunia nyata apa cuma kenal sekedar di blog aja? Kok kayaknya banyak banget yang udah akrab.

Apa sih tujuan kalian bikin blog? Nyari duit dengan adsense apa gimana?

Apa sih yang bikin kalian semangat nulis?

Kalian ngapain biar dapet ide posting tulisan?

Kalo postingan kalian yang baca sedikit, kesel nggak?

Gimana perasaan kalian kalo komen di satu blog dan nggak direspond sama sekali atau bahkan komennya dihapus?

Blog gimana sih yang kalian suka kunjungi?

Yang cowok senengnya sama blog cewek dan cewek senengnya sama blog cowok. Gitu nggak?

Gimana sih pendapat kalian sama blog yang kanan kiri atas bawah isinya iklan semua?

Kalo ada onlineshop yang komen di tulisan kalian, kalian balesnya gimana?

Dan yang terakhir dan ganggu pikiran gue banget adalah :
Kalian baca blog orang karena emang suka tulisannya apa cuma gara-gara orang itu udah baca dan komen di blog kalian? Jadi kalian nggak enak kalo nggak berkunjung balik.

---

Gue harap ada blogger-blogger kesasar yang bantu jawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Itu juga kalo ada yang nyasar kesini. Kalo enggak, ya, biarkan pertanyaan itu memuai terbawa angin bareng asap kurang ajar Sumatera-Kalimantan.

Gue lagi gigih mendisain tampilan blog nih. Jadi maaf ya kalo header gonta-ganti. Labil. hehehe.

Btw besok gue UTS. Doain ya, sukses. :))

23 komentar:

  1. Kalo gue pribadi ada yang kenal di dunia nyata, juga dari dunia maya. Asiknya ngeblog ya itu, bisa sok akrab. Sekalipun baru pertama kali ke blognya. Untuk tujuan, gue ngeblog buat berbagi aja sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue mau sok akrab rada gimanaaa gitu ya. -_-
      Btw makasih jawabannya. hehe.

      Hapus
  2. kenaapa gue ngeblog? simple alasannya, karna gue punya banyak pirikan dikepala gue dan biar gak tumpeh tumpeh jadi gue tulis di blog hahha kalau temen blog, ada juga yang gue kenalnya cumaa di dunia maya tapi ada beberapa yang gue kenal di dunia nyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak pikiran berarti banyak masalah dong sis? *eh :D
      Thanks jawabannyaa.

      Hapus
  3. kalo gue si belom pernah kenal di dunia nyata

    pertama gue bikin blog gue bingung apa yang mau gue posting, gue pengen posting pengetahuan gue tapi gue gak tau apa- apa, gue pengen posting tentang travler tapi gue gak pernah keman mana, gue mau posting kuliner tapi gue makanya di warteg mulu. yaudah deh gue jadi posting tentang kisah gue aja.

    yang bikin gue semangat sebenernya gak ada, kalo ada waktu kosong ya gue nulis

    gue dapet ide biasanya setelah gue berdoa, ngopi, boker dll.

    postingan gue di baca sedikit orang menurut gue hal biasa, soalnya emang dari gue bikin blog dikit dikit yang baca, bahkan kadang gak ada visitor sama sekali *miris*

    komen gak direspon atau di hapus, gue biasa aja soalnya kadang lupa pernah komen di blog siapa.. wkwkwkw

    gue suka berkunjung biasanya blog personal yang mengandung unsur komedi dan tutorial tentang komputer gitu.. gak selalu ke blog cewek walaupun kadang sering haha

    blog yang isisnya iklan semua menurut gue itu adminya gila duit wkwkwk

    untuk sekarang belom ada online shop yang komen di blog gue, kalo ada mungkin gue mau bales "tergantung komenan dari online shop tersebut"

    itu aja si mas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas komen panjangnya. wkwkwk. Malah berasa baca postingan jadinya. Btw, "mas"?
      Poin pertama & ke-4 miris. :D

      Hapus
  4. Kalian emang udah saling kenal?

    Gue akan coba jawab semua: Awalnya kenal secara dunia maya, sampai gue gabung ke komunitas dan ada kopdar gitu. Jadi ya, beberapa udah pada akrab. Sejauh ini baru Jabodetabek aja. :D

    Apa sih tujuan kalian bikin blog?
    Awalnya... hm. Ceritain kagak, ya? Awalnya ngeblog itu buat pengalihan agar bisa move on. Gue bingung, dengan cara apa melampiaskan sakit hati tapi yang positif. Bukan bales nyakitin cewek gitu. Eaakkk. Sampai waktu itu khilaf beli buku Radit dan baca blog dia, kayaknya seru aja curhat dalam bentuk tulisan gitu. Keterusan dan keasyikan nulis deh. Lama-lama mulai cari duit lewat adsense, tapi udah 2x diblokir gegara ada yang bomb click atau jingling gitu deh. Terus sempet dapet job review, eh sekarang udah jarang. Hehe. Kembali ke tujuan awal, belajar nulis dan berbagi. :))

    Apa sih yang bikin kalian semangat nulis?
    Lihat coba deskripsi blog gue. :))

    Kalian ngapain biar dapet ide posting tulisan?
    Awalnya curhat aja kejadian selama seminggu, masa dalam seminggu nggak ada kegiatan apa-apa, sih. Meskipun seminggu kerjaannya tidur doang. XD Sampai BW yang paling sering dapet ide. Baca buku, nonton film, atau nongkrong dan hangout sama temen boleh juga. Banyak, kok. :D

    Kalo postingan kalian yang baca sedikit, kesel nggak?
    Ya, sempet kesel dulu. Udah konsisten nulis, tapi tetep nggak ada yang baca. Sedih dan hampir frustrasi. Cuma akhirnya balik lagi ke tujuan utama gue nulis: berbagi cerita. Ada yang baca syukur, nggak ya udah. Hehe. Intinya ngeblog dengan tulus dan konsisten. Insya Allah kalo tulisan menarik pasti ada pembacanya sendiri.

    Gimana perasaan kalian kalo komen di satu blog dan nggak direspons?
    Kesel, sih. Gue komen juga nggak sembarang kayak "Nice post!", "Tulisannya bermanfaat, makasih, ya." Gue pasti baca dan memberikan komentar yang pas. Cuma, ya udahlah. Hak yang punya blog mau bales atau nyuekin komentar gue. At least, gue nggak mau bersikap kayak gitu juga. Tetep berusaha menghargai pembaca yang udah komen. Nggak mau ngecewain mereka, meskipun sering dikecewakan. Halaaaahhhh.

    Blog gimana sih yang kalian suka kunjungi?
    Blog gue sendiri dong. Eh, enggak-enggak. Anjir. Pede amat gue.
    Gue lebih suka yang personal. Bahasanya santai gitu. Blog yang tulisan fiksi juga suka. Intinya yang tulisannya menarik dan peduli sama blog-nya. Apalagi kalo ada komedinya. Lumayan, bisa sambil belajar. Hehehe. :D

    Yang cowok senengnya sama blog cewek dan cewek senengnya sama blog cowok. Gitu?
    Nggak juga, ah. Siapa aja kalo gue. Tapi kebanyakan cewek-cewek malah yang sering ngunjungin gue. Bangkaaayyy gue pede banget. Gitu, sih, kalo maen ke blog cewek lumayanlah bisa godain dikit. Siapa tahu jodoh. Oke, ini kayaknya udah nggak bener.

    Gimana sih pendapat kalian sama blog yang kanan kiri atas bawah isinya iklan semua?
    Selama itu tidak mengganggu gue saat membaca tulisannya, ya santai aja. Kadang klik iklannya. Bantu-bantu rezeki. Mereka kan dapet pemasukan dari situ. Kecuali yang bener-bener nutupin konten, nah gue langsung close tab deh tuh. Ganggu banget. Bodo amat deh.

    Kalo ada onlineshop yang komen di tulisan kalian, gimana?
    Kalo cuma satu-dua doang, ya wajar. Kalo yang nyebar link dan asal komen, paling gue hapus. Biasanya tukang obat. Berkali-kali komen bisa 3-7 komentar. Orangnya itu-itu aja. Oke, Yoga jahatttttt. XD

    Dan yang terakhir dan ganggu pikiran gue banget adalah :
    Kalian baca blog orang karena emang suka tulisannya apa cuma gara-gara orang itu udah baca dan komen di blog kalian? Jadi kalian nggak enak kalo nggak berkunjung balik.

    Tergantung, sih. Biasanya yang ada di daftar blogwalking gue kunjungin gitu. Cek ada tulisan baru nggak. Apalagi yang orangnya asyik, ya gue pasti betah main ke blog-nya. Keseringan gue yang dikunjungin duluan, terus gantian kunjungin balik. Nggak ada hubungannya sama nggak enakan. Gue lebih ke saling menghargai sesama blogger. Tanpa pembaca, blog gue mah bukan apa-apa. Lagian menjalin tali silaturahmi :D

    Uh, panjang banget. Maaf yak. Hanya mencoba jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, komen gue panjang amat. Kapan-kapan gue jadiin tulisan, ah. :p

      Hapus
    2. Komennya panjang banget! Lebih panjang dari postingan gue sendiri. Hahaha. Boleh tuh dijadiin bahan tulisan. :D btw makasih udah komen panjang lebar dan jelas.

      Poin masalah iklan...bener juga sih Yog. Kalo bantuin orang, suatu saat kita bakal dibantu juga.Lagian gak ada salahnya ngeklik yak. Hem hem. Pelajaran baru.

      Hapus
  5. Bentar bentar. Ngelemasin jari jemari dulu buat nulis komen ini.

    Bismillahirrahmanirrahim.

    Gak ada teman nyata di blog. Karena teman nyataku pada gak suka main di blog. Ada sih satu, tapi sudah gak aktif main blog lagi. Keliatan akrab itu karena apa ya, karena tergantung sih, orangnya asik apa kagak. Jujur aja, aku orangnya susah akrab sama orang. Baik nyata maupun di dunia nyata. Tapi kalau orangnya asik dan selera humornya sebelas duabelas sama aku, jadi akrab.

    Tujuan bikin blog sih klise amat. Supaya ada tempat buat muntahin curhatan. Karena lebih baik curhat satu arah tapi bikin lega daripada curhat dua arah tapi malah bikin tambah bete. Cari teman curhat yang tepat itu susah menurutku. Alhamdulillah sekarang blog ada yang ngunjungin, jadi bisa dapat solusi dari yang aku curhatin. Bisa baikin moodku yang berantakan juga.

    Yang bikin semangat nulis itu..... jamu kuat. Eh enggak. Apa ya, pokoknya nulis aja. Soalnya aku ngerasa cuma itu aja yang bisa bikin aku gak jadi manusia gila, yang mendam semuanya sendiri. Duh ini ngetik apa sih.

    Ide itu suka kurang ajar sih datangnya. Pas lagi pengen ide itu datang, malah gak datang. Pas lagi naik motor, asik dengerin lagu, atau boker, nah baru si ide dengan semena-menanya datang. Padahal aku lagi gak pengen ada ide itu. Jadi kalau aku sih gak ngelakuin ritual apa gitu buat mengundang ide. Oh iya, ide juga datang pas kita lagi apes atau ngelakuin tindakan malu-maluin. Makanya aku rada bersyukur jadi manusia dengan urat malu nyaris putus.

    Dulu kesel sih. Tapi Alhamdulillah sekarang udah gak kesel lagi. Aku lebih milih postinganku dibaca sama segelintir orang sih, yang komen sedikit, tapi nyimak dan baca postingan. Sumpah, dibilang keren tulisannya itu malah bikin aku sedih. Soalnya belum tentu dia bilang gitu karena baca postinganku :( Lah ini kok jadi curhat sih.

    Aku pernah, dan rasanya jengkel sih. Sampe pernah kujadiin tulisan juga. Tapi mau gimana, gak mungkin aku langsung ngebajak blog itu. Diterima aja. Haha.

    Sama kayak Yoga, blog personal. Apalagi yang komedi. Komedi-komedi mesum gitu kalau boleh jujur. HAHA. Ada lagi sih, blog review lagu dan review film. Ini lagi belajar buat jadi blogger kedua genre (?) blog itu. Hehe.

    Gak mandang gender sih sebenarnya. Yang penting ada yang mau baca postinganku aja udah syukur :')

    Untuk yang iklan, gapapa sih. Kalau tulisannya asik, aku gak ambil pusing soal iklannya. Tapi kayaknya juga jarang sih aku blogwalking ke blog yang buanyak iklannya.

    Dibalas aja sih sesuai si olshop itu bilang apa. Tapi pernah ada blogger lain yang bales komen olshop itu. Asli ngakak. Kalau dia nyebar link trus link-nya bejibun aku hapus aja. Kadang dibiarin aja.

    Karena suka sama tulisan blogger itu. Dan emang udah jadi pembaca, ceilah, pembaca setianya udah lama. Jadi ngerasa gak enak aja kalau kelewat gak baca satu postingannya. Ada juga sih karena gak enak udah dikunjungin. Jadi balas budi gitu, ngunjungin balik. Kalau tulisan sama orangnya asik, bukan sekedar mau balas budi, tapi karena dia gitu. Jadi rutin deh ngunjungin.

    Btw, ini postingan kreatif ya. Berawal dari kegelisahan jadi postingan. Orang-orang jadi gatal buat naruh komen disini :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks komentar panjangnya sudah mengurangi kegelisahan gue soal blogger. Hehehe.

      Hahaha. Udah ada tiga orang yang bikin postingan baru di kolom komentar postingan gue ini. Asek. Tulisan gue yang sebenernya malah kalah panjang sama komentar-komentarnya. Hahaha.

      Hapus
  6. mmmmmm.....aku bikin postingan ah kpn2 jwbnnya y rih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha pengalaman dari komentar-komentar di atas ya mbak? Boleh juga boleh juga.

      Hapus
  7. gue nulis di blog ya suka2 aja, di komentar dan ngga di komentar ya no problem tapi masih adalh teman gue yang mau komen hehe dan sukanya lagi pada saat lo membuka postingan lama lo dan lo baca ulang lo pasti berkata "Alay banget sih gue dulu" dan lo bakalan senyum2 kecil sendiri. save memorebal in Blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih. Blogger harusnya gitu ya? Yang penting nulis aja udah.

      Hahaha gue banget! Tulisan yang "apaan banget ini gue nulis begini". :D

      Hapus
  8. coba jawab satu ya~ "Apa sih yang bikin kalian semangat nulis?" yang bikin semangat nulis itu, kalau ada yang nanggapi atau komentar di tulisan yang udah dibikin :D jadi, mampir ke blog saya dan tanggapin juga dong~ xixixi :D

    BalasHapus
  9. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Banyak banget ya pertanyaannya.

    Yang bisa aku jawab..

    Kenapa buat blog? Karena blog bisa menjadi media pengembangan diri yang baik.

    Semangat menulis biasanya datang karena ada ide yang sayang untuk dilewatkan atau sesuatu yang penting untuk diingat, kalau ditulis di blog kan mudah ingatnya. Kadang juga untuk ngeluarin unek-unek daripada di tahan.

    Ide menulis datang darimana, aku pernah menulis di blogku cara mudah mendapat ide menulis, ini linknya http://shujinkouron.blogspot.co.id/2015/01/cara-mudah-mendapatkan-ide-menulis.html

    Nggak kesal kok kalau tulisan yang baca dikit, yang penting kitanya aja. Menulis selain untuk orang lain kan juga untuk diri sendiri.

    Aku suka baca blog yang rapi, seperti blog ini. Informatif juga suka, personal yang berbagi pengalaman menarik juga bagus.

    Kalau ad online shop yang komentar nggak nyambung biasanya langsung dikirim ke spam.

    Kalau blog penuh iklan biasanya langsung aku tutup, apalagi kalau diklik muncul ad.fly

    blog kamu bagus, salam kenal ya
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terlalu kepo jadi punya banyak pertanyaan. hehe.

      Setuju sih sama jawaban-jawaban kamu. Menulis buat diri sendiri juga. Hmm.

      Btw, thanks lho ya udah memuji blog ini. hehehe. Salam kenal juga.

      Hapus
  10. woh banyak juga ya pertanyaannya ngerasa kayak diwawancarai.

    hem sebenernya kebanyakan orng baru kenal dari blog deh ka;au saya. emang suka kesl kalau nggak ditanggapi tapi ya itu nggak bikin semangat hilang buat ngeblog. karena sejak awal tujuanku ngeblog ya belajar buat nulis yang bagus,

    kalau soal yg sering aya datangi, lebih suka yg personal dengan isi postingan karya fiksi gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ini memang postingan wawancara, loh.

      Iya, ngasah kemampuan nulis ya. Semoga blog ini juga sering didatangi. hehe.

      Hapus

Teman

Jumlah Pembaca