Jumat, September 11, 2015

2

Peran Polisi dalam Mengurai Kemacetan

Jakarta tidak pernah lepas dari macet. Setiap hari, di hampir semua sudut kota pasti ada kemacetan. Padahal jalanan di Jakarta lebar-lebar, lebih lebar dari kota-kota lain. Terus kenapa dong masih macet? Human error. Yap! Yang bikin macet adalah manusianya sendiri.

by Farih Ikmaliyani

Secara umum ada 5 penyebab macet, yaitu : tidak tersedianya traffic lights,  PKL dan angkutan umum yang menggunakan badan jalan untuk kepentingannya sendiri, pengendara memutar kendaraan seenaknya, kurangnya pengetahuan tentang jalan alternatif, dan kurangnya sosialisasi.

Untuk mengatasi kemacetan, 5 masalah itu harus dihilangkan. Disinilah peran polisi lalu lintas. Gimana caranya?

1. Polisi lalu lintas harus berjaga dan mengatur kendaraan di persimpangan jalan yang tidak memiliki traffic lights. Di persimpangan tanpa traffic lights biasanya orang akan berebut untuk jalan lebih dulu. Polisi harus mengatur kendaraan mana yang harus berhenti dan mana yang jalan duluan. Tidak perlu setiap hari, cukup pada jam kerja dan weekend.

2.  Polisi lalu lintas bekerja sama dengan satpol pp harus menindak tegas para PKL dan supir angkutan umum yang secara sengaja menggunakan sebagian badan jalan untuk kepentingan sendiri (berjualan dan ngetem). Ini dilakukan agar lebar jalan tidak berkurang.

3. Polisi harus memperhatikan dan memasang pembatas jalan di sepanjang jalan yang berada di keramaian. Ini untuk menghindari pengendara yang memutar arah seenaknya. Dengan adanya polisi atau pembatas jalan yang sesuai, pengendara tidak akan memutar kendaraannya di tempat ramai.

4. Polisi harus merekomendasikan jalan alternatif. Kendaraan yang menumpuk di jalan biasanya memiliki tujuan yang sama. Polisi harus memberi arahan jalur lain menuju tempat tersebut. Jika arus kendaraan bisa dibagi ke jalur alternatif, kemacetan akan terurai.

5. Polisi harus mensosialisasikan tata tertib dan sanksi mengenai aturan-aturan berlalu lintas. Jika pengendara memahami dan menerapkan peraturan lalu lintas dengan baik, kemacetan akan terminimalisir.

2 komentar:

Teman

Jumlah Pembaca