Kamis, Februari 02, 2012

0

Ke Jogja, judulnya mau basket (part II)

Gue nggak tau kenapa orang tua hobinya ngomel. nggak orang tua di rumah, guru di sekolah, sampai pelatih basket. ohlet ngomelin gue & venda lamaaa banget.

setelah diomelin ohlet panjang lebar, gue & venda masuk kamar. belum sempet ngelus bantal sedikit pun, si meta udah narik tangan gue & venda keluar kamar lagi dg paksa.
"kenapa met? kok kita diusir?" tanya gue.
"anterin gue nyari cemilan yuk kak. gak enak kalo nggak ngemil..."
"ntar dimarahin ohlet kalo keluar malem-malem. tadi gue sama venda udah dengerin ceramahnya ohlet..."
"ah, biarin. ayo dong... pengen ngemil nih!" meta ngerengek. takut kalo meta ngemil upilnya sendiri, gue mengiyakan permintaannya buat nemenin dia nyari cemilan yg wajar, bukan upil.
gue, venda, & meta, diem-diem keluar hotel. kita bertiga udah kayak three angel salah kostum.

sampai di luar hotel, rasanya lega banget. gue nggak tau kenapa, suasana Malioboro ini bikin hati gue adem ayem tentrem adil makmur sentosa. ngeliat angkringan disana-sini, becak malang melintang, bule berseliweran, tampang gue tetep acak-acakan.
dari hotel, kita bertiga jalan ke arah kiri. ngikutin arus bule-bule seksi yg jalan kesana.
"kita mau kemana? ntar kita nyasar loh..." meta was-was.
"nggak bakal. di Malioboro kok nyasar. udah, ikutin gue aja. disana pasti tempatnya lebih keren." venda sok tau.
yowes, kita bertiga berjalan lurus ke arah kiri. gue nggak tau itu arahnya kemana, mata anginnya kemana. pokoknya ke arah kiri setelah keluar dari hotel.
setelah beberapa menit jalan lurus ke arah kiri, gue mulai ngerasa agak-agak horor. semakin berjalan kesana, semakin banyak bule yg gue temuin, semakin horor pula pakaian yg mereka pakai. yg tadinya pake tanktop, ini pada pake beha doang. gue udah nebak, semakin gue berjalan kesana lagi, bule-bule itu udah cuma make batok kelapa doang buat nutupin teteknya, bukan beha lagi. ngeri juga bayanginnya. yg gue salutin dari mereka, kok bisa-bisanya mereka nggak masuk angin pake pakaian kayak gitu? minum tolak angin berapa botol coba?
sampai di depan salah satu warung angkringan, gue, venda, & meta ditegur sama salah satu pemilik warung. "mbak, mau kemana?"
"kesana pak..." venda dg polos nunjuk ke arah yg banyak bule-bule berdatangan.
"maaf ya mbak. mohon maaf sekali. disana itu tempat lokalisasi. saya saranin mbak jangan kesana." tampang bapak-bapaknya jadi serius.
"HAH?! LOKALISASI?!!" tampang venda jadi ikutan serius.
"HAH!? emang kenapa ven?!!" tampang gue lebih serius.
tampang meta melongo. dia emang sering nggak kompak.
"emang kenapa ven? kok kaget gitu?" gue ngulangin pertanyaan.
"lokalisasi itu tempat apa ya?"
#gubrak!
akhirnya kita bertiga puter balik dari arah sebelumnya. kali ini menuju ke jalan Malioboronya.
di jalan, venda gelisah. "lokalisasi tuh tempat apa'an sih? kok tadi mas-masnya serius gitu ngomongnya?"
"tempat itu tuh ven..." gue kedip-kedipin mata, persis banci ngeganjenin om-om.
"tempat apa'an?"
"itu loh ven..." meta ngangguk-nganggukin kepala, persis cacing ajeb-ajeb.
"tempat apa'an?"
"itu tuhhhhh..."
"tempat apa'an sih?" tanya venda lagi. minta gampar.
"tempat mesum!" akhirnya gue berkata vulgar.

di jalan Malioboro, bulenya nggak kalah banyak sama jalan ke tempat lokalisasi tadi. di depan sebuah stand pakaian batik, ada 3 orang cowok bule yg keliatan ganteng-ganteng banget.
"gue pengen coba ngobrol sama om bule itu ah..."
"emang bisa bahasa inggris?"
"bisa dong. liat ya, gue pengen kenalan sama bule itu. kalian tunggu disini." venda & meta manggut-manggut.
gue deketin om-om bule yg lagi nawar pakaian batik itu. baru mangapin mulut mau bilang "good evening mister", gue langsung mingkem lagi & mundur ngejauhin om-om bule tersebut.
"gimana kenalanannya? namanya siapa? umurnya berapa?" tanya meta.
gue diem.
"gimana???"
gue mengehela napas panjang. "mereka orang timur tengah, bukan orang inggris. nawar batiknya aja pake bahasa arab. gue nggak mudeng, sama sekali...". pasrah...
sepanjang perjalanan pulang ke hotel, venda, & meta ngakak sampe puas.
gue baru sadar sekarang. nggak semua bule itu orang inggris. nggak semua bule itu ngomong pake bahasa inggris. nggak semua bule itu ikut les bahasa inggris. jadi, gue belajar bahasa inggris selama ini sejak SD, belum berguna apa-apa???

Pengemis Malioboro yg lolos dari penggrebekan malemnya
besok paginya, jam 5.30, gue mengajak venda, meta, & temen-temen lain buat jalan-jalan di Malioboro. jam segitu pasti masih sepi dan gue pengen liat, gimana sih bentuknya Malioboro jam segini? sepi atau tetep ramai?


Tukang becak teladan. pagi-pagi udah mangkal

Orang2 yg belum tau fungsi dari pantat patung kelinci
ternyata iya. sepi bener-bener sepi. cuma ada beberapa petugas kebersihan, bule bersepeda yg lewat sliwar-sliwer, & becak-becak yg teronggok ditinggal penggenjotnya... gue & temen-temen cuma nyempetin buat foto-foto disana, dan ngemis.....










0 komentar:

Posting Komentar

Teman

Jumlah Pembaca