Selasa, Januari 31, 2012

0

Ke Jogja, judulnya mau basket (part I)

Setiap musim liburan, gue sama sekali nggak berharap banyak buat bisa pergi ke suatu tempat. sama seperti musim liburan kemarin (liburan akhir tahun 2011).
tapi kali ini beda. pelatih club basket gue (ohlet namanya. emang namanya agak-agak aneh, tapi emang itu namanya) ngajakin gue dan se-tim Pekalongan buat melancong ke Jogja dg alesan ada sparing (uji coba tanding) di sana. nggak usah ditanya 2x. gue, seorang-anak-malang-yg-tak-pernah-liburan, langsung mengiyakan ajakan itu.


kamis, 22 desember, jam 7 pagi harusnya gue harus udah sampe di rumahnya cik crace (tempat ngumpul sebelum berangkat).
hari itu gue bangun tidur jam 5.30. mandi, sarapan, dandan, jemur pakaian. selesai jam 6.45. gue leyeh-leyeh & berangkat jam 7 lebih. sampai rumah cik grace, gue kaget. GUE KAGET! rumahnya sepi. nggak ada bis, mobil, atau pun gerobak yg nongkrong di depan cumah cik grace. sepi bener-bener sepi. gue galau, gundah, gulana. bingung, akhirnya gue telfon temen gue, venda.
"lo dimana? gue udah sampe di rumahnya cik grace nih. belum pada dateng ya? gue sendirian nih! lo diamana? lo diamanaaa???" tanya gue kalap.
"gue uda duduk anteng di bis. lo udah ditinggal." jawab venda tenang.
astagfirullah...
panik stadium akut.
gue nyari tumpangan yang bertujuan sama, Jogja, dan ternyata nggak ada.
panik stadium lanjutan.
gue bilang ke venda & coach rido (pelatih gue yg satunya) biar mundurin bis yg udah jalan itu. dan dengan entengnya coach bilang, "sory yaaa, bisnya nggak bisa puter balik..." ucap coach nyaman tanpa dosa. panik stadium SMA.
bener-bener panik.
akhirnya, dg terpaksa, gue ikut rombongan ke Jogja yg naeknya mobil, bareng anak-anak kecil yg ngobrolnya tentang apa aja, gue nggak tau.


di SMA Budi Utama, Jogja
sampainya di Jogja, tempat yg pertama kali gue datengin adalah SMA Budi Utama. disitu kita main 40 menit. nggak ada yg istimewa. basketnya tetep pake bola basket, ringnya juga biasa aja, bentuknya lingkaran bukan trapesium sama kaki.

malemnya, pelatih mutusin buat bermalam di hotel daerah Malioboro. gila! hotel daerah Malioboro. dengernya aja udah bikin gue deg-deg-serrr. gimana enggak? Malioboro udah terkenal sampai mancanegara & gue nginep di salah satu hotel yg ada di daerah situ. wuihhh, apanya yg nggak keren coba??? gue udah bayangin enaknya bisa istirahat di kasur yg empuk, menggeliat di bawah selimut nan hangat menggoda, & mandi pake air hangat.
tapi Tuhan berkehendak lain...
hotel yg gue datengin...boro-boro punya AC! parkirannya aja nggak beda jauh sama kamar kos-kosan. sempittt banget. cuma muat buat parkir gerobak & getek tanpa roda. oke, impian gue bisa berleha-leha di hotel keren, lenyap...
gue & dua cecunguk berlabel 'temen gue', venda & meta, masuk kamar paling pojok. kamar nomer 115 dg tampang pasrah & kelaperan.
venda, dia adalah adek kelas gue yg paling nggak sopan. mirip sama gue lah, dandanannya kayak gembel tomboy. kalo aja dipasangin kumis & dikalungin clurit, nggak beda jauh sama tukang jagal ayam.
meta, rambutnya panjang, berkulit pucat pasi, hobinya gelantungan di pohon jambu. eh, sory. itu kuntilanak. meta orangnya normal. punya mata 2, mulut 1, tangan 2. dia keturunan cina.

"jalan-jalan ke Malioboro aja yuk. nyari makan." venda, yg sama-sama keliatan kelaperan, langsung manggut-manggut pasrah menerima ajakan gue.
gue & venda keluar hotel & langsung menemui suasana yg-bener-bener-Malioboro-banget. banyak bule bertebaran, angkringan merajalela.
"mau makan apa? angkringan apa sate?" tanya gue.
"sate aja. di tenda sate ada bule cakep tuh..." venda senyum-senyum girang. ngeliat senyumnya, gue jadi inget waria di terminal...
"mas, satenya dua porsi." gue pesen sate ke dua mas-mas yg lagi sibuk mainan kipas.
"siappp!"
setelah menunggu agak lama, pesenan sate pun akhirnya dateng. gue & venda terlihat begitu riang. mama pun senang.
"mbak, eh...mas. mbak. eh, mas ya? ehhh," tiba-tiba salah satu mas-mas yg dari tadi mainan kipas nyapa gue & venda. gue terperangah. *terperangah?
"itu mbak woy!" mas-mas yg satunya berteriak lantang sambil tetap mainan sate.
"mas deh kayaknya!" mas-mas yg tadi ngebantah.
"mbak deh. mbak kan ya? itu mbak, bego!"
"itu mas!!!" omangannya mulai ngotot.
*duuaaarrrrrr!
dua mas-mas tak berkumis itu ribut sendiri.
sumpah. penting banget kelakuan dua orang yg telat dewasa ini...
gue & venda yg lagi menikmati sate ayam, langsung gelagepan tapi tetep nerusin makan. ngebiarin dua mas-mas tadi berdebat soal 'mbak' atau 'mas' yg kapan kelarnya, gue nggak tau.

"ven..."
"iya?"
"apa besok kita pake wig aja ya? biar nggak ada yg berdebat kayak mas-mas yg tadi?"
"nggak ah."
"kenapa? daripada penampilan kita kayak gini. kesannya tukang parkir banget."
"mending kesannya tukang parkir, daripada kesannya waria salah kostum..."
"..."

abis ngisi perut, gue & venda balik lagi ke hotel.
di hotel, gue & venda diceramahin abis-abisan sama ohlet gara-gara keluar hotel tanpa izin. perut yg tadinya udah kenyang, kerasa kosong lagi. nggak tau satenya lari kemana. gue curiga, ayam yg dipake buat sate, adalah ayam siluman.....



@farihikmaliyani

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Total Tayangan Laman