Jumat, Oktober 28, 2011

0

Untuk Negara

Keren banget nggak tuh judulnya? behhh, ajiiibbbbb...!

seperti yang orang Indonesia ketahui (kecuali yang lahir dan besar di dalem sumur), tgl 3 oktober udah jadi tanggalnya batik. hari batik nasional (nice!).
kalo ngomongin batik, pasti yang ada di pikiran kita pertama adalah jawa, terus Pekalongan.

oke, sebagai kota batik, Pekalongan pasti udah jadi kota yang paling riweh pas tgl 3 kemaren. semua orang nyiapin ini-itu yang berhubungan sama batik. kecuali eyang gue. dia, mau hari batik, hari sumpah pemuda, yang disiapin cuma gudek muluk.
bukan cuma motor yg dihias berbau batik, lapangan juga. bayangin deh, LAPANGAN DIBATIK!? TANAHNYA DIBATIK!!! eh, enggak ding. enggak seekstrim itu. cuma, lapangannya dibatik. (loh, sama aja).
nggak. jadi gini, lapangan di depan museum batiknya di buat sedemikian rupa menyerupai grosir batik raksasa. di sekelilingnya dibikin stand-stand yang isinya batik semua. gue coba liat kesana. emang batik semua. nggak ada stand jasa sablon kaos. semua sibuk sama batik pokoknya,
termasuk gue. sekolah gue udah ngewajibin buat anak-anaknya make baju batik 3 hari berturut-turut. iya, baju batik cokelat lusuh itu gue pake 3 hari tanpa dicuci, cuma dijemur. bayangin bau tempe goreng yang nggak laku-laku 4 hari.

hari Senin, gue berangkat seperti biasa. dg tampang ceria dan tak berdosa, gue melenggang di jalan. (melenggang apa'an sih?). sampenya di sekolah, nggak ada yg berubah. sekolah gue tetep aja napak di pekalongan. tulisannya juga nggak berubah jadi 'SMA Taruna Nusantara' ato sejenisnya gitu. semuanya nggak berubah.
setelah duduk mengupil sendirian di kelas, ada pengumuman kalo kita disuruh menyambut bu SBY dateng. gue udah girang banget! 'gila! bu SBY mau dateng! bu SBY mau dateng!'. pikiran gue udah melayang. gimana ya kalo ntar bu SBY liat gue, gue dengan muka imut-imut lusuh gini, trus dia bilang 'mau nggak, kamu jadi artis? gantiin Titi DJ? saya orbitin deh!' gue kudu jawab apa nih? atau kalo dia terkesan sama tampang gue terus bilang 'ini wajahnya batik banget! ibu bawa pulang yaa???' gue kudu jawab apaaa...? emak gue kudu jawab apa...? eyang gue kudu kemana???

gue udah siap ikut konfoi menyambut ibu SBY. tetep, masih dengan tampang girang gue ikut rombongan. ke jalan diponegoro yang dari sekolah gue tinggal jalan aja. lama banget nunggu si ibu. gue udah abis 3 butir helm buat dimakan saking lamanya nunggu (alay iklan).

setelah sekian lama nunggu, akhirnya mobil ibu SBY nongol juga. gue langsung nyempil ke barisan paling depan, dada-dada, dan ngelebarin senyum terindah.
'moga bu SBY ngeliat gue. moga bu SBY ngeliat gue.'
ternyata enggak.
bu SBY dg kebaya batik dan mobilnya melaju gitu aja tanpa memperdulikan tampang girang gue dg seksama. sejak saat itu, gue punya pikiran kalo pejabat itu sombong.

###

di kelas, gue ngelamun sambil ngeliatin foto pak SBY dan budiono. tiba-tiba gue keinget kejadian dada-dada-tapi-nggak-diliatin-bu-SBY itu.
gue jadi mikir.....
sesuatau...
gue jadi punya mimpi mendamprat mendadak. yaitu, gue pengen jadi pejabat.
oke, emang keliatannya konyol dan nggak masuk akal banget. apalagi masuk saku celana. gue, yang notabennya pelajar bodoh kurang imunisasi, punya mimpi jadi pemimpin negara, its so immpossible banget! nenek-nenek jongkok juga bakal ketawa kalo lagi jalan tiba-tiba gue ngomong, "nek, aku mau jadi presiden! pilih aku nek! pilih aku!!!"

semua orang boleh punya mimpi. termasuk gue. gue boleh punya mimpi jadi presiden sekalipun.
kalo gue jadi presiden, gue bakal ngelakuin apa pun untuk negara. sekalipun gue kudu nyium justin bieber, gue lakuin kalo itu bikin Indonesia lebih maju.
kabinet gue kelak, gue namain 'Kabinet Indonesia Hemat Beb'. simpel banget. dengan hemat, kita bisa kaya, dengan kaya kita bisa senang, dengan senang kita bisa girang. kalo udah girang, semua orang pasti bahagia, kayak gue. saking bahagianya pernah cengar cengir liat ayam digencet ban traktor.
dan... gue nggak bakal pasang foto pake kebaya yang ditempel di tembok-tembok depan kelas. itu terlalu jadul dan glamour. gue pengen busana santai dan hemat. foto pake piyama atau kaos barselona. murah meriah, mencerminkan pribadi basngsa ini yang masih kurang mampu rakyatnya.

intinya, gue pengen bikin negara ini (negara yang udah jadi rumah buat gue) jadi negara yang lebih maju dan berkembang. bukan cuma berkembang dalam sektor pinter-pinteran korupsinya aja, tapi prestasinya juga.

that's all my wish.
gue tau sih, susah banget itu kewujudnya. gue jadi presiden, sama susahnya kayak nemuin kucing hamil lagi berenang di laut Jawa. tapi, nggak ada salahnya bermimpi, kan?
semoga ada keluarga SBY yang nggak sengaja baca tulian bangsat ini dan tergugah hatinya buat bikin Kabinet Indoneia Hemat Beb. #amien


contreng nomer 7! (yang ada gambar kucing hamilnya!) contreng lah! contreng lahhh!!! awas lo kalo gak contreng!

btw, selamat hari Sumpah Pemuda, yaa :)
@farihikmaliyani

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Total Tayangan Laman