Selasa, Juni 07, 2011

0

Resiko orang bodo

Sebelom SMA ini, gue 'jarang' ngerasa sebodo ini.

iye, dulu otak gue rada jalan dikit & gue ngerasa bukan manusia yg bodo banget kayak sekarang.
contohnya : dulu pas ulangan semester kelas 2 SD, gue dapet nilai 100 di pelajaran PPKN, gue masuk SMP di peringkat 40 besar, kelas 8 SMP gue masuk kelas imersi, rata2 ujian gue 8 keatas.
bandingkan dg sekarang. PKN gue gak pernah gak remidi. matematika, apalagi. nilai sama angka yg diitung sama dikitnya. apalagi yg namanya ekonomi, beuh...gue nggak pernah dapet nilai diatas enem puluh!

gue gak sadar kalo gue sebegok ini sebelom ngeliat hasil semester gue tahun ini yg..., yaolohh...bisa bikin emak2 beranak mendadak! #lebeh#

mulai hari Jum'at kemaren hasil ulangan gue udah dibagi sama guru (iyalah, masa satpam).
hasilnya : 5 pelajaran luka parah akubat jatuh, 6 masih terombang ambing di batas rata2, dan 7 masih bisa diatas angin. 5 korban luka parah itu adalah : ekonomi, matematika, biologi, PKN, bhs Indonesia (urutan dari yg paling sangat parah)

di sekolah gue yg indah itu, setiap siswa yg punya nilai kurang dari KKM ato standar bisa benerin nilai lewat remidi2 ato tugas yg dikasih sang guru yg mapelnya kurang itu.

pertama, gue remidi PKN cuma dikasih tugas. oke, 30 menit tugasnya udah selesai.

kedua, gue remidi bhs Indonesia. sama gurunya dikasih soal enem biji. gue ngerjain sendiri, pas kurang 3 nomer, kertas jawaban gue dipinjem sama temen gue buat dijiplakk. sampe waktunya abis, gue ngebut ngerjain yg kurang. sampe gurunya treak2in nama gue. persis bgt kyk nriakin idola. huehehehe...

ketiga gue remidi matematika (mtk). berubung gue ini siswa yg menganut teori ekonomi, gue minjem bolpen temen gue, trus masuk ruang remidi. udah duduk, gue ngeliat sekeliling. 'kok pada pake kertas folio?'. akhirnya, gue keluar ruangan, bkn bwt beli kertas folio...tapi buat minta kertas folio ke temen. gak bakal boleh gue minjem abis itu dicorat-coret.
pas remidi, temen gue yg gue mintain kertasnya itu minta contekan muluk. yaa...miskin juga gue tau diri lah. yowes, sepanjang perjalanan cinta remidi mtk, gue ngasih contekan muluk sama si yg ngasih gue kertas. apess....

keempat, gue remidi biologi. disuruh nulis banyaaak bgt. gue protes sama gurunya. gue samperin dy ke kantor,
gue bilang, "Pak, ini dikumpulinnya kapan?"
Guru gue, "besok pagi. jam 8 musti udah ada di meja saya."
gue protes, "yahh... pak. kudu pagi gitu?"
guru gue, "iya. lah kamu mau tuntas gak?"
gue udah kepept juga sih. "iya deh Pak!!"

kelima, gue mau remidi ekonomi. pas di kantor, gue ketemu sama guru ekonomi itu. denger2 sih, katanya guru itu paling seneng kalo dirayu, dideketin gitu. biar rada akrab. yowes, gue sok2an ngobrol sama dy. jongkok di bawah kursinya trus gue nyerocos apa aja. dari mulai yg penting sampe yg gak penting. dari mulai shahrini sampe shahbandar. lah dy malah nyambunginnya ke soal ekonomi yg kemaren.
guru gue : "kamu tau 3 motif org memegang uang tunai? soal itu kmren gak ada yg bisa jawab!"
gue        : (tampang sok tau) "emm, itu pak. motif pengen keliatan kaya, motif numpuk duit, motif jaga2"
nilai ekonomi (kalo bs diedit, angka 3 gw edit 9) 

guru gue : (tampang jijik) "itu di buku ada siih! MAKANYA, PUNYA BUKU ITU DIBACA!! JANGAN CUMA DITUMPUK DI LEMARI!!!"
*ada kata yg salah dari guru gue itu. gue nggak numpuk buku di lemari. gue numpuknya di laci*
guru2 laen yg dengerin pada nengok ke gue, masang tampang geli. imej gue luntur mendadak.

dalem hati gue nyadar, kalo semua ini nggak akan pernah terjadi ke orang pinter (bukan dukun). coba aja gue gak remidi. gue belajar sehari 25 jam. pasti gak bakal kyk gini.

penyesalan selalu jadi buntut di belakang kita.

note : besok, semoga gue bisa lebih baik dari ini. amiin...

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Total Tayangan Laman